728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Tuesday, May 13, 2014

    Meski Virus MERS Merebak di Timteng, Lampung Tetap Berangkatkan Jamaah Umroh

    Add caption
    BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com – Meski virus Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS CoV) terus berkembang di Negara Timur Tengah, Pemprov Lampung tetap memberangkan jamaah umroh pada 2014. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana pada Selasa (13/5) menyatakan, pihaknya tidak bisa melarang calon jamaah Lampung yang hendak beribadah umroh ke tanah Arab Saudi.

    Reihana mengaku pihaknya hanya sebatas bisa berpesan kepada jemaah yang hendak beribadah umroh agar meminta vaksinasi Meningitis. Sayangnya, kata Reihana, selama ini ternyata kedapatan banyak peserta umroh yang hanya meminta kartunya saja, tetapi enggan disuntik vaksin Meningitis," kata Reihana, Selasa (13/5).

    "Faktanya seperti itu. Maka, saya berharap jangan lagi ada yang seperti itu. Kami mengingatkan petugas KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) untuk tidak memberikan kartu jika jemaah tersebut tidak divaksinasi. Semua itu semata-mata untuk kebaikan para jamaah,” kata dia.

    Reihana mengatakan, berdasarkan data pasien rumah sakit di Lampung, hingga kini belum ditemukan warga yang positif terjangkit MERS.

    “Beberapa hari lalu memang sempat dirawat seorang warga yang suspec dengan ciri-ciri seperti terjangkit MERS, tetapi setelah diperiksa ternyata negatif,” kata Reihana.  

    Menurut Reihanana, penyakit MERS ciri-cirinya  hampir sama dengan flu burung, hanya saja penyakit ini berasal dari Jazirah Arab. Terkait hal itu, Dinkes Lampung akan terus mensosialisasikan serta menggalakan penyuluhan untuk penanganannya.

    Reihana mengimbau masyarakat tidak perlu panik terkait merebaknya pemberitaan virus tersebut. “Hal penting yang perlu dilakukan adalah tetap berprilaku hidup sehat dan menjaga daya tahan tubuh dengan memakan makanan yang bergizi,” ujarnya.

    Data di agen travel dan umroh Arie Tour menyebutkan, jumlah konsumen yang akan berangkat ke tanah suci untuk menjalankan ibadah umroh sudah penuh. Jadwal pemberangkatan jamaah umroh yang melalui Ari Tour sudah penuh hingga akhir Juni.


    Seorang karyawan Ari Tour mengaku, pihaknya tidak menghentikan pemberangkatan jamaah umroh karena hingga kini tidak ada travel warning dari pemerintah Arab Saudi. (Syailendra Arif/Siti Qodratin)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Meski Virus MERS Merebak di Timteng, Lampung Tetap Berangkatkan Jamaah Umroh Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top