728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Tuesday, May 27, 2014

    Tujuh Daerah di Lampung Gelar Pilkada Serentak pada 2015

    Siti Qodratin, Rama Pandu/Teraslampung.com

    BANDARLAMPUNG - Pemilihan kepala daerah serentak akan digelar di tujuh kota dan kabupaten di Lampung pada pertengahan tahun 2015 mendatang.Tujuh kabupaten dan kota tersebut  adalah Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Timur, Waykanan, Kota Metro, Kabupaten Pesawaran, dan Kabupaten Lampung Tengah.

    Ketua KPUD Lampung Nanang Trenggon mengatakan masa jabatan bupati dan walikota pada daerah-daerah tersebut habis dalam waktu yang berdekatan. Kecuali untuk Kabupaten Lampung Tengah ada selisih 90 hari.

    “Tetapi melaksanaan pemilihannya tetap disamakan dengan yang lain sekitar Bulan Mei atau Juni mendatang tahun 2015," kata Nanang,Minggu (27/5).

    Alasan lainnya penyamaan pelaksanaan pilkada tambah Nanang untuk menghemat anggaran selain itu untuk menghindari eksoduse pemilih dari daerah lainnya.

    "Menurut pengalaman kami sebelumnya, seperti pemilihan Bupati Lampung Selatan, banyak pemilih dari Kabupaten Pesawaran yang merupakan pemekaran dari Lampung Selatan banyak ditemukan turut memilih untuk memenangkan satu pasangan calon tertentu," kata dia.

    Sementara itu beberapa tokoh di Bandarlampung mulai menyatakan kesiapannya maju sebagai calon Walikota Bandarlampung. Nama-nama yang mulai digadang-gadang masuk dalam bursa pencalonan yakni Wali Kota Bandarlampung Herman H.N dipastikan mencalonkan diri kembali sebagai calon petahana. Wakil Wali Kota Thobroni Harun juga sudah menyiapkan diri untuk mencalonkan diri sebagai wali kota.

    Berikutnya, Bupati Pesawaran Aries Sandi Darma Putra, Pejabat Bupati Pesisir Barat Kherlani juga bakal mencalonkan diri kembali.

    Mantan Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandarlampung Dedy Mawardi juga disebut bakal mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bandarlampung. Belum pasti siapa yang akan digandeng suami Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila ini untuk maju dalam pemilihan walikota-wakil walikota.

    Anggota DPRD Lampung Hartarto Lojaya dan Anggota DPRD Lampung dari Partai Demokrat Imer Darius telah menyatakan diri ikut Pemilihan Wali Kota Bandarlampung. Selain itu, muncul juga nama Ketua DPC Partai NasDem Bandarlampung Fauzan Sibron.

    Di Metro, Walikota Lukman Hakim dipastikan tidak akan mencalonkan diri lagi karena sudah dua kali menjabat walikota. Nama-nama yang muncul dalam bursa pencalonan walikota di Metro antara lain Sudarsono (ketua DPRD Metro) dan Prof. Dr. Marzuki Noor (mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Metro).

    Sementara di Lampung Timur, bursa nama bupati yang muncul antara lain Erwin Arifin, Heri Wardoyo (saat ini Wakil Bupati Tulangbawang), dan Noverisman Subing (mantan wakil bupati).

    Di Way Kanan, Bupati Bustami Zaenudin dipastikan akan maju lagi. Ia sudah jauh-jauh hari menyiapkan diri untuk maju lagi sebagai bupati dengan rajin turun ke kampung tiap minggu. Nama lain yang sudah santer disebut bakal maju dalam pilbub di Way Kanan adalah Ali Rahman (Kepala PU/Dinas Bina Marga Provinsi Lampung.

    Di Lampung Tengah, Bupati Pairin di Lampung Tengah dikabarkan juga akan kembali mencalonkan diri.  Pada pilkada 2015 mendatang Pairin kemungkinan besar Pairin akan 'pecah kongsi' dengan wakilnya, Mustafa. Mustafa kemungkinan besar akan maju sebagai calon bupati. Pertarungan keduanya diprediksi bakal seru. Utamanya pertarungan untuk memperebutkan perahu Partai Golkar, karena keduanya berasal dari Partai Golkar.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tujuh Daerah di Lampung Gelar Pilkada Serentak pada 2015 Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top