728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Tuesday, May 27, 2014

    Lulus SNPTN Tidak Otomatis Diterima di PTN Pilihan

    JAKARTA, Teraslampung.com - Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2014 pada Selasa (27/5, pukul mengumumkan nama-nama siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN. Namun panitia mengingatkan, pendaftar SNMPTN yang dinyatakan lulus, tidak serta merta diterima sebagai mahasiswa di PTN pilihannya.

    “Status penerimaan sebagai mahasiswa di PTN pilihan akan ditentukan berdasarkan verifikasi data akademik (rapor dan portofolio) yang akan dilaksanakan oleh PTN tempat pendaftar dinyatakan diterima,” kata Ganjar Kurnia, Ketua Panitia SNMPTN 2014 dalam jumpa pers di Jakarta, Senin lalu (26/5).

    Nama-nama siswa yang dinyatakan lulus dalam seleksi SNMPTN 2014 itu selanjutnya dapat dilihat secara daring atau online melalui laman: www.snmptn.ac.id , http://snmptn.ui.ac.id , http://snmptn.itb.ac.id , http://undip.ac.id , dan http://snmptn.its.ac.id.

    Ganjar mengingatkan, nilai ujian nasional (UN) juga dijadikan sebagai pertimbangan diterimanya calon mahasiswa. Ia menyebutkan, setiap perguruan tinggi memiliki cara masing-masing dalam menentukan persyaratan atau formulasi bagaimana nilai UN akan digunakan sebagai pertimbangan penerimaan calon mahasiswa.

    "Universitas juga menentukan standar masing-masing. Ada nilai-nilai yang harus dipenuhi secara minimal," jelas Ganjar .

    Siswa SMA Terbanyak

    Menurut Ketua Panitia SNMPTN 2014, Ganjar Kurnia, siswa jenjang pendidikan menengah yang paling banyak mendaftar SNMPTN adalah siswa SMA dengan jumlah 579.028 orang. Kemudian diikuti oleh siswa SMK sebanyak 113.592 orang, dan siswa MA sebanyak 84.916 orang.

    Sedangkan untuk sebaran pendaftar per provinsi, Jawa Timur menjadi provinsi dengan pendaftar terbanyak, lalu diikuti Provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Nanggore Aceh Darussalam.  "Yang (pendaftarnya) paling sedikit di Papua Barat," ujar Ganjar .

    Sementara itu, Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi universitas terfavorit dalam SNMPTN 2014 dengan jumlah pendaftar terbanyak, yaitu 73.272 orang. Kemudian diikuti Universitas Gadjah Mada (62.875 orang), Universitas Sumatera Utara (60.308 orang), Universitas Diponegoro (57.527 orang), dan Universitas Brawijaya (56.900 orang).

    Dalam jumpa pers tersebut, Ganjar yang juga Rektor Unpad itu memaparkan 10 besar program studi (prodi) dengan peminat tertinggi, yaitu Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika/Ilmu Komputer/Teknologi Informasi/Sistem Informasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Hukum, Pendidikan Dokter, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Farmasi, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

    Sekretaris Panitia SNMPTN 2014, Triyogi mengatakan, salah satu alasan prodi IPS menjadi prodi dengan peminat yang tinggi adalah karena siswa SMA dari jurusan IPA bisa mendaftar untuk prodi IPA dan IPS. Sedangkan siswa SMA dari jurusan IPS hanya bisa mendaftar untuk prodi IPS, tidak untuk prodi IPA.

    Unpad Paling Diminati

    Sementara itu, berdasarkan jumlah lulusan SLTA yang mendaftar SNMPTN 2014 menunjukkan bahwa Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung menjadi perguruan tinggi yang paling difavoritkan dipilih oleh peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014.

    Jumlah pendaftar SNMPTN tahun ini mencapai  777.536 orang. Pendaftar ke Unpad mencapai 72.272 orang. Kemudian diikuti UGM, USU, Undip, dan lainnya.

    Ketua Panitia SNMPTN Ganjar Kurnia mengatakan, daya tampung seluruh perguruan tinggi negeri sebanyak 133.406 calon mahasiswa.

    "Jumlah calon mahasiswa yang diterima di Unpad tidak termasuk ke dalam 10 besar universitas yang paling banyak menerima mahasiswa baru," kata dia.

    Menurut Ganjar, proses penyeleksian nilai SNMPTN terbagi berdasarkan tiga indikasi, yakni indeks sekolah yaitu akreditasi sekolah, evaluasi rapor dan prestasi lainnya, serta kelulusan UN dan nilai murni UN. Pengumuman akan ditampilkan pada situs resmi SNMPTN dan perguruan tinggi penyelenggara pada Selasa (27/5/2014) pukul 12.00.

    Berikut 10 universitas favorit SNMPTN:

    1. Universitas Padjajaran 72.272 pendaftar
    2. Universitas Gadjah Mada 62.875 pendaftar
    3. Universitas Sumatera Utara 60.308 pendaftar
    4. Universitas Diponegoro 57.527 pendaftar
    5. Universitas Brawijaya 56.900 pendaftar
    6. Universitas Negeri Semarang 51.116 pendaftar
    7. Universitas Pendidikan Indonesia 49.197 pendaftar
    8. Universitas Sebelas Maret 48.891 pendaftar
    9. Universitas Negeri Yogyakarta 46.997 pendaftar
    10. Universitas Negeri Malang 43.116 pendaftar
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lulus SNPTN Tidak Otomatis Diterima di PTN Pilihan Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top