728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Tuesday, May 27, 2014

    Pilpres 2014: Jokowi Buka Rekening untuk Menerima Dana Publik

    Joko Widodo
    JAKARTA, Teraslampung.com - Bakal calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) membuka rekening untuk menerima sumbangan dana dari publik. Pembukaan rekening itu diharapkan bisa menjadi penanda adanya semangat kegotongroyongan  rakyat yang memang benar-benar menginginkan Jokowi-JK menjadi Presiden RI.

     “Rekeningnya ada, baru dibuka. Jadi, rekeningnya di BRI Kantor Cabang Mall Ambassador, nomor rekening 1223.01.000.172309, atas nama Joko Widodo-Jusuf Kalla,” kata Jokowi, di Kantor Tim Kampanye Jokowi-JK, Jalan Sisingamangaraja Nomor 5, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/5/2014).

    Jokowi mengatakan, rekening tersebut sengaja untuk menerima sumbangan dari siapa pun tanpa batasan. Meski begitu, kata Jokowi, jumlah sumbangan tetap harus sesuai dengan aturan KPU.

    “Perorangan berapa, perusahaan berapa, kelompok berapa, ada semua aturannya. Itu nomernyadibuka untuk umum. Pribadi bisa, kalau mau kirim ke rekening itu,” tuturnya.
    Jokowi menerangkan, nantinya akan ada tim bendahara yang mengelola khusus rekening tersebut. Hal itu dilakukan supaya bisa diaudit dengan baik.

    “Nanti auditnya dipublikasikan lewat media massa juga. Nggak apa-apa. Nanti kan juga diaudit,” kata dia.

    Jokowi mengaku tidak mempunyai modal besar untuk menghadapi pemilu presiden 2014 mendatang. Dia pun berharap bisa mendapatkan sumbangan dari pihak-pihak swasta.

    Menurut Jokowi, calon presiden yang menerima sumbangan bukanlah sesuatu yang dilarang oleh Undang-undang, sehingga sah-sah saja untuk dilakukan.

    Berdasarkan aturan Pilpres, sumbangan perorangan untuk dana kampanye yang diberikan kepada calon presiden ditentukan maksimal Rp 100 juta, sedangkan sumbangan yang diberikan oleh badan hukum maksimal Rp 750 juta.
    Apabila perorangan atau badan hukum memberikan sumbangan di atas jumlah yang telah ditentukan, diancam sanksi hukuman penjara dan denda.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pilpres 2014: Jokowi Buka Rekening untuk Menerima Dana Publik Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top