728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Tuesday, May 13, 2014

    IBI Darmajaya Gelar Pelatihan TQM

    Pelatihan Total Quality Management (TQM) di Gedung B28 Aula Pascasarjana IBI Darmajaya, Selasa (13/5/2014).
    BANDARLAMPUNG, Teraslampung,com – Untuk meningkatkan kompetensi karyawan dalam hal penjaminan mutu internal pejabat struktural dan dosen, Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya menggelar pelatihan Total Quality Management (TQM) di Gedung B28 Aula Pascasarjana, Selasa (13/5/2014).

    Beberapa materi yang disampaikan yakni sistem penjamin mutu, penentuan standar internal, dan audit mutu internal. Selain materi, peserta juga melakukan praktik pembuatan standar internal dan praktik pembuatan kertas kerja audit.

    Kepala Biro Keuangan dan Sumber Daya Manusia (SDM) IBI Darmajaya, M. Sadat Pulungan, SE.,MM., menjelaskan pelatihan TQM digelar untuk meningkatkan sitem penjaminan mutu internal di IBI Darmajaya. Menurutnya perlu adanya pengembangan pengetahuan bagi pengelola manajemen atau pejabat struktural sebagai pemenuhan kebutuhan kompetensi.

    “Pelatihan TQM dimaksudkan untuk meningkatkan konsistensi dalam memberikan pelayanan untuk kepentingan kwalitas SDM. Selain itu meminimalisir kekeliruan dalam bekerja yang berdampak menimbulkan ketidakpuasan dan komplain mahasiswa, meningkatkan disiplin waktu dan disiplin kerja, serta meningkatkan efektifitas penggunaan sumber daya.”paparnya.

    Sadat menambahkan, terkait pelaksanaan pelatihan, pihaknya menggandeng Biro Quality Accurace Centre (QAC) selaku biro penjaminan mutu. Menurutnya dengan pemahaman TQM secara kontinu peserta dapat menguji efektivitas kerja dan membuang semua hal yang tidak diperlukan dan tidak produktif.

    “Peserta juga diharapkan dapat menginfluence semua staf di unit kerjanya tentang kopetitif dan dapat membangun strategi yang efektif. Selain itu dapat di implementasikan dalam peningkatan skill dan kompetensi yang bermanfaat dalam menjamin mutu pelaksanaan aktifitas semua unit organisasi IBI Damajaya.” harapnya.

    Sementara itu, Kepala QAC IBI Darmajaya, Handoyo Widi Nugroho, S.Kom., M.T.I mewakili Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Ronny Nazar, SE, menjelaskan ada dua jenis penjaminan mutu yang digunakan Dirjen Perguruan Tinggi (Dikti), yakni sistem penjaminan mutu internal dan eksternal (SPMI dan SPME).

    “Sistem penjamin mutu ini harus dipenuhi setiap perguruan tinggi di Indonesia, termasuk IBI Darmajaya. Setelah pelatihan ini diharapkan pejabat stuktural IBI Darmajaya akan lebih memahami tentang tujuan pengelolaan manajemen mutu internal di IBI Darmajaya sehingga dalam pelaksanaan proses manajemen akan lebih sistematis." ujar dia.(*)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: IBI Darmajaya Gelar Pelatihan TQM Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top