728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Monday, May 26, 2014

    Festival Musik Tradisi Anak 2014: Lampung Masuk Lima Besar Terbaik Nasional

    Tim wakil Lampung pada ajang Festival Musik Tdi TMII Jakarta yang baru saja meraih sukses masuk lima besar penampil terbaik nasional. 
    BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com - Kelompok Musik Tradisi Anak Lampung berhasil membukukan prestasi pada Gelaran Festival Musik Tradisional Anak 2014   yang ditaja di Taman Ismail Marzuki, Jakarta , 19 – 21 Mei lalu.Kegiatan Festival Musik Tradisional Anak Nasional 2014 yang ditaja Kemendikbud ini diikuti 34 kontingen yang mewakili 34 Provinsi se- Indonesian
    Di belakang Jawa Timur yang tampil terbaik, menyusul ada lima penampil terbaik, masing-masing Lampung, NTB, Bengkulu, Sumatera Utara dan Jawa Tengah.

    Di luar enam grup yang dinilai tampil terbaik oleh tim pengamat, masih ada 28 grup yang juga tampil keren dan lengkap dengan semangat kelokalan yang diusung masing-masing grup.

    Di hadapaan dewan juri yang terdiri dari Embie C Noer (musisi), Prof.Djohan Salim (ISI Yogyakarta), Dr, Suhendi Afrianto, S.Sn (STSI Bandung), Jabatin Bangun (IKJ) dan Jodhy Yudono (musisi dan wakil media).

    Kelompok Musik Anak Lampung yang digawangi; Alexandra Ade Kurnia Jati , Lauretta Weny Fortuna, Karen Audrey Angelica,.  I Gusti Ngurah Pradiva Jayastu , I Gusti Ngurah Rai Mahardika, Alviando Satya Wijaya,Reynald Oktavius Tan, Bonaventura Dimas Hadi.N, Nathanael Setiawan dan Fergus Brlyant Santoso dengan ceria membawakan  musik tradisi Lampung  bertajuk: Upih Ngisut..

    Djuwita Novrida,  ketua tim pendamping yang juga Kabid Kebudayaan Dinas  Pariwisata dan Kebudayaan Lampung, mengaku bangga dengan prestasi anak-anak Lampung. “ Meskipun bukan juara pertama, ini sangat membanggakan,” kata dia.

    Sementara penata musik Ricky mengatakan musik yang dibawakan kelompok anak-anak ini terinspirasi dari suatu permainan anak-anak sedang menunggu orng tua mereka yang pergi melaut.

    “Permainan ini  biasanya di lakukan di pinggir pinggir pantai.khususnya di daerah Lampung Barat. Permainan ini disebut Upih Ngisut, Upih (perahu) dan biasanya terbuat dari karung. Sedangkan ngisut berarti ngesot,” papar Ricky.(*)
    .
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Festival Musik Tradisi Anak 2014: Lampung Masuk Lima Besar Terbaik Nasional Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top