728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Thursday, May 29, 2014

    Teater MATAN Akan Pentaskan Drama "Hang Tuah"

    Isbedy Stiawan ZS/Teraslampung.com


    Hang Kafrawi
    Pekanbaru–Teater MATAN memanggungkan Drama Komedi berjudul “Hang Tuah Agaknya…” di Tamab Budaya Riau, 30-31 Mei pukul 19.30 WIB. Untuk menyaksikan pementasan ini, penonton membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000.

    Menurut Hang Kafrawi, penulis naskah dan sekaligus sutradara, pementasan ini hanya semata-mata untuk menghibur penonton. Meski komedi, imbuh adik kandung Taufik Ikram Jamil ini, unsur-unsur pendidikan dari mitos Melayu ini tidak dihilangkan.

    “Tokoh-tokoh dalam naskah ini, sama persis dengan tokoh-tokoh yang ada di Hikayat Hang Tuah, namun permasalahannya saja kita serongkan sedikit,” ujar Hang Kafrawi yang juga Ketua Teater MATAN ini, dihubungi Kamis (29/5) malam.

    Unsur hiburan dikedepankan, jelas Hang Kafrwai, disebabkan penonton pada hari ini suka pementasan yang menghibur, seperi drama komedi. Dengan demikian, pementasan ini adalah salah satu cara menarik masyarakat untuk menonton pementasan teater.

    “Hikayat Hang Tuah sangat dekat dengan orang Riau, khususnya orang Melayu. Dengan mengangkat khazanah Melayu maka kita mencoba menyuguhkan dengan format yang dapat menyenangkan hati penonton dan sekaligus mengenalkan tokoh-tokoh perkasa Melayu pada generasi muda Riau hari ini,” ucap Ketua Program Studi Sastra Indonesia FIB Unilak ini.

    Hang Kafrawi menambahkan, konflik cerita masih tetap sama, yaitu bagaimana Hang Jebat mendurhaka kepada Sultan yang telah menghukum Hang Tuah dengan hukaman bunuh. Tun Teja dengan kerelaan tinggi harus melupakan Hang Tuah, yang telah menyerahkan dirinya kepada Sultan. Begitu juga kelicikan Patih Karmawijaya yang ingin menduduki jabatan Hang Tuah di kerajaan, dengan kelicikan Patih Karmawijaya menfitnah Hang Tuah telah melakukan perbuatan tidak senonoh di dalam istana kerajaan.

    “Ceritanya masih sama, namun kostum, properti dan dekorasi panggung kita moderanka, Hang Jebat mungkin saja pakai senapang gajah, Hang Tuah pakai pisau silet, sultan pakai celana pendek. Dialog-dialognya kita bikin lucu,” ujar Hang Kafrawi membocorkan sedikit pemetasan yang akan dipegelarkannya bersama kelompok Teater MATAN.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Teater MATAN Akan Pentaskan Drama "Hang Tuah" Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top