728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Thursday, May 29, 2014

    Ludruk Karya Budaya Mojokerto Peringati 45 Tahun Berkiprah di Dunia Seni Tradisi

    Kelompok seni Ludruk Karya Budaya Mojokerto (ist)
    Aan Frimadona Rosa

    MALANG, Teraslampung.com - Kelompok kesenian Ludruk Karya Budaya (LKBM) Kota Mojokerto menggelar rangkaian kegiatan seni untuk memperingati 45 tahun kiprahnya  di dunia kesenian  tradisi.

    Selain  peluncuran dan bedah buku "Mbeber Urip" karya Cak Edy Karya dan Kidungan Jula-Juli selama 12 jam nonstop, pada Rabu malam (28/5) juga digelar pementasan ludruk berjudul “Keris Tunjung Biru”,  di Taman Krida Budaya Jawa Timur, di Kota Malang. Lakon yang disutradarai Mijil Pawestri itu bersumber dari cerita rakyat Jawa.

    Ratusan penonton pun antusiss menyaksikan pertunjukan berdurasi sekitar dua jam itu.Penonton tidak hanya berasal dari Malang, tetapi juga dari beberapa daerah kabupaten dan kota lain di Jawa Timur.

    Selain ketoprak dan wayang kulit, ludruk merupakan kesenian tradisional yang sudah lama mengakar dalam masyarakat Jawa Timur. Pada awal pertunjukan biasanya akan ditampilkan tarian Remo.

    Pentas tari pada acara bedah buku. (ist)
    Meskipun zaman sudah berubah dengan makin banyaknya jenis seni modern, kesenian ludruk masih hidup di Jawa Timur. Menurut Eko Edy Susanto, pimpinan LKBNM, warga Jawa Timur sampai sekarang menggemari ludruk karena cerita yang dibawakan sangat dekat dengan kehidupan mereka. Selain cerita rakyat, cerita yang diangkat dalam pementasan ludruk menurut Eko adalah cerita sehari-hari.

    “Kami akan terus setia mementaskan ludruk dengan kisah-kisah rakyat,” kata Eko Edy
    Bahasa yang dipakai pun juga bahasa sehari-hari. Diselingi dengan aneka humor yang segar, membuat  ludruk menjadi tontotan disukai masyarakat Jawa Timur.

    Eko Edy mengatakan kelompok kesenian Ludruk Karya Budaya Mojokerto lahir pada 29 Mei 1969. Selama puluhan tahun berkiprah di dunia seni tradisiional, kelompok Ludruk Karya Budaya Mojokerto sudah mendapatkan banyak mendapatkan perhargaan.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ludruk Karya Budaya Mojokerto Peringati 45 Tahun Berkiprah di Dunia Seni Tradisi Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top