728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Tuesday, May 27, 2014

    Aneka Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan

    Buah sirsak 
    SIRSAK  ( bahasa Latin disebut Anona muricata Linn) adalah tanaman yang tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Sirsak berasal dari Amerika Selatan. Masuk ke Indonesia karena didatangkan oleh orang Belanda pada masa penjajahan dulu. Oleh karena itu, buah sirsak juga dikenal dengan sebutan ‘nangka belanda’ atau ‘durian belanda’. Orang Jawa Tengah sering menyebutnya ‘nangka sabrang”.

    Buah sirsak telah digunakan secara luas untuk kepentingan komersial. Itu karena rasa dan aromanya yang khas. Misalnya saja  dibuat jus, es krim, dodol, dan lain-lain. Jus sirsak kini banyak diproduksi.  Sementara bagi yang ingin jus sirsak dengan aroma dan rasa asli, cara membuatnya pun tidak susah.

    Sudah lama sirsak diketahui bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisinya yang tinggi membuat buah sirsak penting bagi kesehatan manusia. Apalagi, selain nutrisi sirsak juga mengandung zat yang berguna bagi tubuh.

    Kandungan Nutrisi 

    Dodol sirsak
    Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Didalam buah sirsak terkandung sejumlah vitamin dan serat, Komposisi buah sirsak yaitu 67,5 % daging buah yg dapat dimakan, 20 % kulit buah, 8.5% biji, dan 4% hati atau empelur. Selain mengandung vitamin A, B, dan C, buah sirsak juga mengandung sukrosa 2.54%, dekstrosa 5.05 % dan levulosa 0.04% (Radi, 1997).

    Yang cukup menonjol dari kandungan buah sirsak adalah kandungan Vitamin C dan serat (fiber). Begitu pula dengan kandungan Kalium (Potassium), Magnesium, Vitamin B-6 dan Besi. Gambar di samping menunjukkan tabel kandungan nutrisi sirsak perbuah, atau dengan berat sekitar 625g (klik gambar untuk memperbesar).

    Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan

    Sudah banyak penelitian yang dilakukan para ahli tentang buah sirsak. Banyak publikasi ilmiah yang membahas tentang manfaat sirsak  bagi kesehatan, Antara lain:

    Melawan Kanker

    Jus sirsak
    Vine-uk.com pernah merilis bahwa puluhan penelitian di laboratorium menyimpulkan bahwa kandungan senyawa dalam buah sirsak efektif  untuk membunuh sel-sel kanker yang menyerang usus besar, paru-paru, payudara, prostate, pancreas, dan serviks. Itulah sebabnya, tak mengherankan jika buah sirsak baik dimakan atau dibuat jus untuk mencegah atau melawan kanker.

    Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    Para peneliti menyebutkan bahwa senyawa dalam buah sirsak tersebut tidak merusak sel-sel sehat, bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mencegah infeksi.


    Buah sirsak mengandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan dan melawan berbagai radikal bebas penyebab infeksi dan penyakit. Uniknya, tidak seperti herbal lainnya, sirsak tidak membahayakan sel-sel yang masih sehat. Senyawa dalam sirsak hanya membunuh sel-sel abnormal yg bersifat sebagai perusak seperti halnya sel kanker.

    Mengatasi Sembelit (Susah BAB)

    Karena kandungan serat yang cukup banyak, mengonsumsi buah sirsak dapat membantu mengatasi sekaligus mencegah kondisi  susah buang air besar atau sembelit.

    Mencegah Anemia
    Kandungan Zat Besi (Iron) dalam buah sirsak diyakini efektif untuk mencegah dan meredakan gejala anemia (kurang darah).

    Kesehatan Tulang

    Fosfor dan kalsium dalam buah sirsak sangat baik untuk kesehatan tulang secara umum dan mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan mineral lain dalam buah sirsak yaitu tembaga dapat membantu penyerapan kalsium kedalam tulang sehingga kebutuhan tulang akan nutrisi bisa terpenuhi.

    Meningkatkan Energi

    Kandungan fruktosa (karbohidrat) pada sirsak cukup tinggi dan dapat membantu anda tetap segar berenergi. Buah ini sangat baik sebagai sumber alami karbohidrat bagi tubuh.

    Vitamin C Melimpah

    Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan. (db/dewira)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Aneka Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top