728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Friday, May 30, 2014

    “Fun With English” Ala UKM Bahasa IBI Darmajaya

    “Fun With English”: Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan diskusi. 
    BANDARLAMPUNG , Teraslampung.com – Masih banyak mahasiswa yang kesulitan menguasai Bahasa Inggris, menjadi salah satu alasan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Bahasa IBI Darmajaya membentuk kelompok belajar bersama yang biasa disebut dengan “study club”. Selain agar mahasiswa membiasakan berbahasa inggris, study club juga berperan untuk mengasah kemampuan mahasiswa di bidang bahasa. 

    Ketua UKM Bahasa IBI Darmajaya, Heru Anggada menuturkan study club rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu selama dua jam dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Berbeda dengan metode belajar di kelas, study club lebih banyak diskusi dan tanya jawab antar mahasiswa. Study club biasanya diikuti antara 10-15 mahasiswa. 

    “Beberapa materi yang sering disampaikan biasanya tentang grammer, debate dan permasalahan lainnya berkenaan dengan Bahasa Inggris. Kami mengusung konsep diskusi karena kami ingin mahasiswa lebih enjoy dan tidak kaku selama belajar. Mahasiswa juga diberi kesempatan bertanya atau menyampaikan kesulitan apapun berkenaan dengan Bahasa Inggris” paparnya.

    Menurut Heru, study club menjadi wadah yang sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dibidang bahasa. Karena di study club, mahasiswa yang mengalami kesulitan belajar di kelas bisa disalurkan melalui perkumpulan ini. Study club sendiri, dikatakan mahasiswa jurusan Akuntansi ini, menjadi tonggak berdirinya UKM Bahasa di Darmajaya tahun 2004. 

    “Lahirnya UKM Bahasa bermula dari perkumpulan mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris dan ingin mengembangkan kemampuan mereka menjadi lebih baik. Perkumpulan ini dinamakan study club dan berdirilah UKM Bahasa sampai saat ini” ceritanya.

    Selain dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dibidang bahasa, diakui Heru, Study club juga dapat meningkatkan hubungan antar mahasiswa pecinta bahasa. Juga menjadi ruang bagi mahasiswa yang ingin mengikuti lomba untuk lebih intensif belajar. Inilah salah satu dampak positif dari adanya Study club.

     “Mengingat begitu pentingnya peranan Bahasa Inggris, maka harus berupaya besar dalam meningkatkan minat dan pelajaran yang membosankan. Dengan adanya study club, mudah-mudahan dapat menarik minat mahasiswa untuk lebih mendalami Bahasa Inggris, dengan cara yang enjoy dan menyenangkan” harapnya. 

    Terpisah, Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE.MA mengatakan IBI Darmajaya mendorong mahasiswa untuk mengeksplorasi kemampuan, minat dan bakat mereka dengan beragam organisasi yang disediakan. Diharapkan melalui organisasi tersebut, mahasiswa bisa mengembangkan potensi mereka dengan sebaik-baiknya.

    Andi mengatakan, di  bidang bahasa, IBI Darmajaya  memfasilitasi kebutuhan mahasiswa dengan sarana dan prasarana yang memadai. Misalnya  laboratorium bahasa dan tenaga pengajar yang mumpuni. Ini kami lakukan untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan mereka di bidang bahasa Inggris. 

    "Bahkan, untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa ke tingkat internasional, kami sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri melalui student mobility.Melalui program ini mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman kuliah selama enam bulan atau 1 semester,” kata dia.  (*)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: “Fun With English” Ala UKM Bahasa IBI Darmajaya Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top