728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Tuesday, May 13, 2014

    Hari ini, Tiga Guru SMP Asal Lampung Seleksi Akademik Beasiswa di Makasar

     Aan Frimadona Rosa/Teraslampung.com

    Para peserta antre untuk registrasi. (teraslampung/ist)
    MAKASSAR - Hari ini pukul 08 .30 WITA, di Hotel Grand asia Jalan Boulevard Raya no.10 Panakkukang Makssar Sulawesi Selatan , 351 guru SMP  dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti tes akedemik untuk mendapatkan kursi beasiswa S2.

    Kemendikbud melalui P2TK Dikdas melaksanakan seleksi akademik untuk calon peserta yang lulus seleksi administratif  pada program beasiswa bantuan peningkatan kualifikasi S-2 bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) bagi guru SMP seluruh Indonesia di Maksaar, Sulawesi Selatan .


    Tiga di antaranya adalah peserta dari Lampung. Pada seleksi kali ini peserta asal Provinsi Lampung yang lolos sampaiberita ini diturunkan (Selas, 13/5) pukul 16.52)  sebanyak 3 orang yakni Iis Sugianti, S.Pd asal Kabupaten Tulangbawang (guru SMPN 2 Banjar Margo), Susi Kurniati, S.Pd asal Bandar lampung (guruSMPN 1 Bandarlampung), dan Agtha Nila Sukma M, S,Pd juga dari Bandarlampung (SMPN 20 Bandarlampung.
      
    Menurut Iis Sugianti, berdasarkan  informasi yang diterimanya dari panitia di Makasar total berkas seleksi yang masuk di Kemendikbud sebanyak 3300 berkas pelamar kemudian yang lolos untuk mengikuti seleksi akademik hari ini sebanyak 351 peserta dan akan dikerucutkan kembali menjadi 291 yang akan diterima pada ke empat LPTK yang bermitra pada Kemendikbud.

    Iis Sugianti mengakui sangat senang bisa mengikuti tahapan seleksi dan mengharapkan untuk lulus dan belajar di perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Kemendikbud,.

    “Program ini sangat baik sekali untuk peningkatan profesional kami dalam melaksankan tugas mengajar kelak lulus nanti dan jelas memberikan kontribusi bagi daerah asal tempat kami mengajar dalam peningkatan SDM guru dan siswa kami”, ujar alumnus Prodi Bahasa inggris Universitas Lampung ini.


    Calon peserta yang lulus dalam seleksi administratif yang telah dilakukan pada maret dan april lalu mengikuti seleksi akademik dengan tes yang meliputi;Tes Potensi Akademik (TPA): mengukur kapasitas calon untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik (scholastic aptitude) dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris, yakni untuk mengukur kemampuan calon dalam memahami teks berbahasa Inggris (reading comprehension).

    Lalu Skor akhir untuk setiap peserta didasarkan pada penggabungan hasil TPA dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris dengan bobot 70 (TPA) : 30 (Tes Bahasa Inggris). Penentuan kelulusan akan didasarkan pada urutan skor akhir dengan mempertimbangkan proporsi antar daerah, peminat dan antar bidang studi. Hasil seleksi akademik akan diumumkan oleh perguruan tinggi penyelenggara melalui Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas Kemdikbud demikian yang tertuang padan panduan program bantuan siswa S2 bagi guru SMP dari Dirjen P2TK Kemendikbud.

    Adapun program studi S2 bagi guru SMP yang dibuka adalah Program Studi Matematika, Program Studi IPS,  Program Studi IPA,  Program Studi Bahasa Indonesia,  Program Studi Bahasa Inggris. Program studi dimaksud, dibuka di 4 (empat) LPTK mitra Direktorat P2TK Dikdas - Ditjen Dikdas - Kemdikbud, dengan kuota dan prodi yang dibuka di masing-masing LPTK akan diatur lebih lanjut.

    Empat LPTK Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)- Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) – D.I.Yogyakarta, Universitas Negeri Malang (UM) – Malang, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) – Surabaya.

    Sebelumnya rekrutmen dan seleksi calon peserta program beasiswa S-2 PTK Dikdas 2014 merupakan yang ketiga kalinya program beasiswa ini dimulai 2012 dan telah meluluskan pada angkatan pertama.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hari ini, Tiga Guru SMP Asal Lampung Seleksi Akademik Beasiswa di Makasar Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top