728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Monday, May 19, 2014

    Hima TI IBI Darmajaya Tantang Kreativitas Mahasiswa Mendesain Situs Internet

    Salah  satu pesert lomba membuat desain situs internet IBI Darmajaya. 
    BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com - Keseriusan telihat pada wajah-wajah para peserta lomba mendesain situs internet (web design) IBI Darmajaya yang bertajuk "Perkembangan Teknologi", Senin (19/5). Dalam waktu tiga jam, para peserta diminta mendesain situs internet dengan tampilan menarik, dengan komposisi warna yang selaras, isi  yang memadai dan sesuai dengan tema.

    Tak hanya kecepatan, kreativitas peserta juga menjadi penentu kemenangan dalam lomba yang berlangsung di Laboratorium Information Acces Center (IAC) kampus setempat. "Mendesain situs internet tidaklah mudah.Banyak  pengkodean (coding) rumit yang membutuhkan ketelitian, kecepatan dan ketepatan," tutur  Arianto Bayu, salah satu peserta.

    Singkatnya waktu yang diberikan pihak panitia, diakui mahasiswa dari Stekomindo Bandarlampung itu, membuatnya lebih memilih fokus pada hasil tata letaj  dengan memasukkan unsur-unsur gambar sesuai tema dibandingan pengkodean.

    "Karena latar belakang ilmu saya desain, saya lebih fokus pada tata letak (layout). Saya tidak membuat pengkodean dengan yang rumit karena akan memakan waktu cukup lama. Saya memaksimalkan waktu untuk layout dan menyelaraskan dengan tema" jelas Arianto yang optimistis bisa masuk tiga besar dalam kompetisi ini.

    Ketua Hima TI, Ovi Naeni, mengatakan, lomba ini diikuti enam peserta untuk kategori umum. Penilaian dalam lomba ini mencakup layout, komposisi warna, kreativitas, pengaturan font (huruf), useability, kesesuaian dengan tema dan penyusunan kata-kata.

    "Desain menentukan 55% penilaian, isi 30% dan sisanya sebanyak 15 % penilaian plus dari juri. Kami memberikan kebebasan peserta untuk berkreativitas. Sementara kebutuhan para peserta lomba, sudah kami siapkan semua, mereka tinggal datang dan mendesain. Untuk pemenangan 1, 2 dan 3 akan diumumkan pada penutupan acara ini pada Minggu (25/5)" Ujar Ovi.

    Lomba mendesain situs internet akan dilanjutkan lomba blog dan game challenge ke-IV yang tidak hanya diperuntukan bagi pelajar tetapi juga masyarakat umum. Game yang akan dilombakan, dikatakan mahasiswa semester enam ini, adalah PES dan Point Blank.

    “Kompetisi ini dimaksudkan bisa menjadi wadah bagi para siswa untuk bisa memperlihatkan kreativitias, khususnya dalam bidang IT. Khusus Lomba Point Blank, pendaftaran masih kita buka sampai Jumat mendatang (24/5),” paparnya.

    Sementara itu Biro Kemahasiswaan dan Pemasaran, Muprihan Thaib, S.Sos., M.M, mengatakan kegiatan festival kompetisi IT menjadi salah satu rangkaian kegiatan dies natalis IBI Darmajaya ke-17, diharapkan dapat merangsang kreativitas para pelajar di Lampung untuk lebih mengenal dan mengembangkan IT.

    “Perkembangan teknologi menjadi hal yang tidak bisa kita hindari, yang perlu kita lakukan adalah bagaimana menyejajarkan diri kita dengan perkembangan tersebut. Melalui ajang ini mudah-mudahan masyarakat, khususnya pelajar lebih familiar lagi dengan IT, bahkan terpacu untuk ahli di bidang tersebut.(*)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hima TI IBI Darmajaya Tantang Kreativitas Mahasiswa Mendesain Situs Internet Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top