728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Wednesday, May 14, 2014

    Hima Misi IBI Darmajaya Gelar Workshop 'Cyber Security'

    Workshop keamaan siber di IBI Darmajaya, Rabu (14/5).
    BANDARLAMPUNG , Teraslampung.com– Lemahnya keamanan siber (cyber security) telah dimanfaatkan para a peretas (hacker) dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. , menjadi ancaman bagi berbagai pihak di dalam dan di luar negeri.

    Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika dan Sistem Informasi (HIMA-MISI) IBI Darmajaya menggelar workshop Cyber security, Rabu (14/5). Kegiatan yang berlangsung di Aula Pascasarjana IBI Darmajaya itu menghadirkan praktisi IT dari Coresystem Solution Indonesia, Davit Kurniawan.

    Di hadapan puluhan mahasiswa, ia menjelaskan keamanan siber merupakan keamanan informasi yang diaplikasikan pada komputer dan jaringan. Menurutnya, keamanan siber memang menjadi salah satu isu penting pada era teknologi informasi saat ini, baik dalam lingkup suatu organisasi maupun pribadi. Terlebih lagi apabila kita mempunyai data-data penting yang tersimpan dalam sebuah jaringan komputer yang terhubung/terkoneksi dengan jaringan publik misalnya internet.

    "Ancaman cyber security, baik berasal dari dalam negeri maupun dari luar terus mengalami peningkatan. Bahkan grafik acamannya meningkat secara eksoponensial. Sebanyak 90.119.252 situs telah diretas sejak tahun 2008 sampai 2011 oleh hacker dari berbagai kelompok. Ada 117 situs pemerintah yang di hack oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab” ungkapnya.

    Indonesia sendiri, kata dia, memiliki banyak generasi muda yang andal di bidang teknologi. Namun, yang memprihatinkan, beberapa dari mereka sering menyalahgunakan kemampuannya untuk  hal-hal negatif.

    “Ini  menjadi bukti bahwa pengetahuan tentang undang-undang dan peraturan tentang sanksi dan ancaman hukuman bagi penyalahgunaan keamanan komputer belum banyak dimengerti dan dipahami oleh generasi kita. Karena mereka itu menggunakan kemampuannya hanya untuk kesenangan, iseng, dan hal-hal lain yang tidak penting,” jelasnya.

    Sementara itu Ketua Hima MISI IBI Darmajaya, Tanginudin, mengatakan seminar cyber security digelar untuk menambah wawasan tentang keamanan komputer bagi para peserta. D isamping memperkenalkan metode-metode untuk keamanan computer dan sekaligus mensosialisasikan etika hacking.

    “Seminar cyber security ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan karnval IT Darmajaya 2014. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat kepada mahasiswa dalam menjaga keamanan data komputer dari peretas.” harapnya.

    Terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Riset, Envermy Vem, M.Sc, menuturkan sebagai perguruan tinggi berbasis IT, IBI Darmajaya ingin selalu berpartisipasi mengenalkan IT ke masyarakat, terutama kepada para akademisi yang nantinya diharapkan bisa menularkan ilmunya ke lingkup yang lebih luas lagi.

    “Beberapa rangkaian kegiatan karnaval IT menjadi bukti nyata bahwa kami ingin lebih mengenalkan IT ke masyarakat luas. Diharapkan apa yang menjadi target kegiatan ini bisa terwujud, mampu memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat” ujarnya. (Rl)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hima Misi IBI Darmajaya Gelar Workshop 'Cyber Security' Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top