728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Monday, May 19, 2014

    Polling: Persaingan Sangat Ketat, Jokowi Bisa Kalah

    Syailendra Arif, Mas Alina Arifin/Teraslampung.com

    BANDARLAMPUNG - Sebelum ada kepastian hanya dua pasangan calon presiden-calon wakil presiden yang akan menjadi peserta Pemilu Presiden Juli 2014 mendatang, Teraslampung.com melakukan polling dengan pertanyaan “Siapa calon presiden yang akan Anda pilih pada Pilpres 2014?”

    Ada 324 pembaca yang memberikan pilihannya. Tiap pembaca hanya boleh mengklik capres pilihannya satu kali. Dengan daftar calon presiden Jokowi, Prabowo, Aburizal Bakri, Capres Poros Partai Islam, Capres Partai Demokrat, dan Lainnya; hasilnya menunjukkan terjadi persaingan ketat antara Jokowi dengan Prabowo. Selisih pemilih kedua capres itu selama beberapa hari hanya dalam kisaran kurang dari 10 persen.

    Ketika Jokowi sudah mengumumkan cawapresnya dan  mendeklarasikan pencalonannya dan Prabowo bersama koalisi partainya mengumumkan pencalonannya, kisaran perbedaan suara hanya 3 persen. Berdasarkan polling sederhana ini, dengan hitungan cara bodohan, meskipun Jokowi unggul 3 persen tetapi jika pendukung Aburizal Bakri dan partai-partai Islam digabungkan maka Prabowo akan menang dengan selisih suara yang lumayan banyak.

    Jokowi memperoleh 45 persen, sementara Prabowo (42 persen) +ARB (6 persen)+ Partai Islam pendukung Prabowo (4 persen)= 52 persen.

    Fakta masuknya Partai Golkar dalam koalisi tenda besar untuk mendukung Prabowo, meski acap dianggap sebagian kalangan sebagai hal remeh, tetapi bisa berpengaruh signifikan. Itu karena suara asli pendukung Golkar (pendukung loyal) jumlahnya tidak sedikit. Hal yang sama juga terjadi pada PKS dan PPP. Suara PKS dan PPP dalam Pemilu kali ini memang tidak melonjak, tetapi publik tahu bahwa PKS dan PPP memiliki kader yang sangat loyal. Kader PKS, terutama, akan menjadi ancaman serius bagi Jokowi-Kalla. Apalagi, selama ini publik tahu bahwa banyak pengurus PDIP yang memble alias malas bekerja keras.

    Berikut ini hasil polling yang digelar Teraslampung.com mulai 1 Mei-20 Mei 2014:


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polling: Persaingan Sangat Ketat, Jokowi Bisa Kalah Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top