728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Friday, May 9, 2014

    Organisasi Profesi Wartawan Turut Amankan Keputusan BI Terkait Bank Century

    Bambang Satriaji/Teraslampung.com

    Boediono (dok viva)
    JAKARTA - Dewan Gubernur Bank Indonesia (DGBI) pada 2008 ternyata pernah mendapatkan pengamanan dari orgaisasi profesi wartawan. Pengamanan dilakukan untuk meredam keresahan dimasyarakat dan menjaga stabilitas perekonomian Indonesia akibat krisis global pada tahun 2008.

    Hal itu terungkap saat rekaman pembicaraan salah watu Deputi Gubernur BI diperdengarkan pada sidang yang kasus Bank Century, Jumat (9/5) dengan terdakwa Budi Mulia.  Wapres yang juga mantan Gubernur BI, Boediono, hadir sebagai saksi dalam persidangan tersebut.
    .
    "Kita sudah berikan ke Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) untuk pemberitaan itu," ujar salah satu Deputi Gubernur BI dalam rekaman isi percakapan rapat DGBI pada 15 November 2008, yang diperdengarkan di persidangan kasus Bank Century di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) itu.

    Agar informasi kalah kliringnya Bank Century tersebut benar-benar aman, salah satu peserta rapat ada yang menyatakan akan mendukung supaya situasi Bank Century tidak diberitakan. "Nanti kita akan backing pemred as usual," kata salah satu peserta rapat, seperti terdengar dalam isi rekaman tersebut.

    Dalam rekaman itu terdengar juga percakapan salah satu peserta rapat menimpali, "Tanpa harus bilang, sepertinya mereka sudah mengetahui karena mereka bisa baca apa yang kita katakan dan kita lakukan, bagaimana dengan redaktur-redakturnya, supaya tidak terjadi pemberitaan yang tidak baik," jelasnya.

    Menanggapi hal tersebut, Boediono mengaku, hal itu dilakukan agar bawahannya bisa mengajak kerjasama media untuk mengamankan situasi supaya publik tidak resah karena Bank Century telah mengalami kalah kliring sebanyak dua kali.

    "Saya hanya minta kerjasama agar nanti jangan sampai ada berita yang merusak semua situasi," ujar Wakil Persiden itu saat bersaksi untuk terdakwa Budi Mulya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Organisasi Profesi Wartawan Turut Amankan Keputusan BI Terkait Bank Century Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top