728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Thursday, May 8, 2014

    BKKBN Gandeng IBI Darmajaya Gelar Pemilihan Duta Genre

    BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung menggandeng Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, menggelar pemilihan duta mahasiswa Generasi Berencana (GenRe) 2014, Kamis (8/5).

    Pemilihan dilakukan untuk mengatasi permasalahan remaja yang rentan dengan berbagai permasalahan seperti  nikah muda yang dinilai masih memiliki resiko  tinggi dari segala aspek mulai kesehatan, psikologis, sosial, ekonomi dan pendidikan.

    Berlangsung di Aula Pascasarjana IBI Darmajaya, pemilihan duta diikuti 19 pasang calon duta yang mewakili
    kabupaten dan kota se-Lampung. Sebagai mitra BKKBN, ini kali kelima IBI Darmajaya dipercaya menjadi tempat pelaksanaan pemilihan Duta Genre Lampung.

    Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya, Novita Sari, S.Sos.M.M. mewakili Rektor IBI Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE.MA, menyambut baik kegiatan tersebut dengan harapan bisa memberikan manfaat bagi remaja Lampung dalam memahami kesehatan reproduksi.

    Remaja, kata dia, sebagai generasi penerus bangsa, harus bisa memberikan kontribusi dalam mengisi pembangunan bangsa. Namun tak bisa dipungkiri, remaja rentan dengan permasalahan kesehatan reproduksi (seksualitas), mulai dari seks bebas, HIV AIDS, aborsi dan pernikahan diri.

    "Permasalahan tersebut mengurangi kesempatan remaja untuk merencanakan dan menikmati masa depan yang gemilang. Tentunya permasalahan ini harus ditanggulangi dengan baik. Melalui pemilihan duta Genre, diharapkan dapat meminimalisir permasalahan yang menimpa remaja" harapnya.

    Dalam sambutannya Kepala BKKBN Provinsi Lampung, Ida Bagus Wirama, SH. M.Kes  mengatakan, pemilihan duta genre digelar untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku mahasiswa yang sehat dan berakhlak, serta mempromosikan program Genre melalui figur duta mahasiswa.

    Menurut Ida Bagus Wirama, kegiatan ini bekerjasama dengan sejumlah Pusat Informasi Konseling (PIK) perguruan tinggi di Lampung. "Para calon duta Genre harus memahami tentang konsep pendewasaan perkawinan, delapam  fungsi keluarga dan penerapan nilai-nilai moral," ujarnua.

    Pemilihan duta mahasiswa ini diharapkan menjadi model, figur atau contoh bagi remaja lainnya agar menunda usia perkawinan di usia muda. Selain itu agar dapat menghindari bahaya triad (seks bebas, narkoba dan HIV/AIDS).


    “Para duta Genre Mahasiswa juga diharapkan dapat mempromosikan serta memberikan pemahaman dan prilaku  positif bagi para remaja dalam menyiapkan kehidupan berkeluarga. Sebagai duta mereka harus bisa menjadi figur teladan serta motivator dikalangan mahasiswa dan remaja lainnya dalam mendukung program Genre,”  tandasnya. (*)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BKKBN Gandeng IBI Darmajaya Gelar Pemilihan Duta Genre Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top