728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Tuesday, May 20, 2014

    Laki-Laki tak Subur Miliki Risiko Kematian Lebih Tinggi

    Ilustrasi kesuburan sperma (shuterstock)
    Sebuah pemelitian di Stanford University School of Medicine. Inggris, baru-baru ini melansir bahwa laki-laki yang tidak subur karena air spermanya abnormal memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan lelaki yang air spermanya normal.

    Hasil penelitian yang dilansir Zeenewsdan dipublikasikan secara online dalam jurnal Human Reproduction itu menyebutkan lelaki dengan dua atau lebih kelainan pada spermanya lebih dari dua kali lebih mungkin untuk meninggal selama periode kira-kira delapan tahun.

    Dalam meneliti, Michael Eisenberg, MD, PhD, direktur Stanford of Male Reproductive Medicine and Surgery dan rekan-rekannya memeriksa catatan peserta (laki-laki) usia 20-50 tahun yang telah mengunjungi salah satu dari dua pusat yang mengevaluasi kemungkinan infertilitas (ketidaksuburan).

    Dari 12.000 laki-laki dengan ciri-ciri ini terlihat antara tahun 1994 dan 2011 di Stanford Hospital and Clinics atau antara tahun 1989 dan 2009 di Baylor College of Medicine di Houston.
    Di kedua klinik tersebut, data yang tersedia untuk beberapa aspek kualitas sperma pasien meliputi di antaranya total volume dan jumlah sperma, bentuk, dan motilitas.

    Dengan memasukkan pengidentifikasi data untuk pasien dalam National Death Index and The Social Security Death Index, para peneliti memantau kematian laki-laki selama rata-rata sekitar delapan tahun.

    Hasil penelitian menunjukkan lelaki dengan dua atau lebih kelainan pada sperma memiliki lebih dari dua kali lipat risiko kematian selama periode kesuburan delapan tahun. Itu setelah mereka melakukan pemeriksaan awal, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kelainan pada semen.

    Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa semakin tinggi jumlah kelainan  yang dimiliki laki-laki akan makin tinggi pula tingkat risiko kematiannya.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Laki-Laki tak Subur Miliki Risiko Kematian Lebih Tinggi Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top