728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Tuesday, May 20, 2014

    Kembangkan UKM, Dosen Darmajaya Gagas Sistem Informasi

    Ita Fionita (Ist)
    BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com – Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peranan penting dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia. Dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan konglomerasi yang ada, para pelaku UKM justru bisa lebih survive dan menjadi safety valve (Katub aman) dari kemungkinan hancurnya sistem perekonomian Indonesia.

    Sebagai salah satu penopang perekonomian bangsa, sudah seharusnya UKM dapat dikembangkan secara maksimal. Beberapa kelemahan yang masih kerap dihadapi para pelaku UKM yakni permodalan, manajemen, pemasaran, dan pencatatan administrasi keuangan harus bisa diminimalisir.

    Terkait hal tersebut, dosen Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Ita Fionita, S.E.,M.M., menggagas penerapan sistem informasi manajemen pada UKM provinsi Lampung. Sistem informasi dapat menjadi pendukung yang memudahkan perusahaan dalam menerima arus informasi, baik dari internal maupun eksternal.

    Dosen manajemen ini menuturkan meski mempunyai porsi peranan kecil dalam perekonomian nasional, UKM bisa menjadi penopang perekonomian bangsa bahkan ketika terjadi krisis sekalipun. Keberadaan UKM yang sehat, bersama-sama dengan usaha besar yang kuat akan menciptakan struktur industry yang kokoh.

    “Jika kita cermati, ternyata survive UKM ini karena mereka mengandalkan perputaran dananya dan dengan modal yang relative kecil sehingga lebih lincah dalam membuat kreasi dan inovasi baru dalam usaha, sehingga dampak krisis bisa diredam. Penerapan sistem informasi manajemen rencananya akan dilakukan di seluruh kabupaten atau kota di Lampung, masing-masing 5-10 UKM per kabupaten” katanya, Selasa (20/5).

    Sayangnya, kata dia, banyak permasalahan yang dihadapi UKM sehingga sulit berkembang. Permasalahan tersebut khususnya mencakup soal manajemen atau pengelolaan usaha yang kurang professional.

    “Masalah-masalah manajemen meliputi masalah struktur permodalan, personalia, pemasaran, dan pencatatan keuangan. Mengantisipasi masalah ini, penerapan sistem informasi manajemen yang baik dapat membantu para pelaku UKM dalam mengembangkan bisnisnya” ujarnya.

    Menurut Ita Fionita, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berperan bagi setiap perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan yang semakin ketat, terutama dalam mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi para UKM.  

    “Sistem informasi manajemen merupakan suatu perangkat ekonomi perusahaan yang menjadi pendukung bagi jalannya roda bisnis. Sistem informasi dapat diserap dan disajikan dalam suatu wadah yang mudah dimengerti, cepat dan tepat sasaran termasuk didalamnya arus informasi keuangan dan SDM, pemasaran dan penjualan, strategi yang akan dibangun oleh perusahaan tersebut.” paparnya.

    Penelitian Ita Fionita ini mendapat apresiasi dan berhasil memenangkan hibah Dikti untuk kategori penelitian dosen pemula (PDP) ditahun 2014. Dengan implementasi sistem informasi manajemen, diharapkan dapat menjadi umpan balik mengenai pemecahan masalah pembangunan yang berkaitan dengan pembinaan UKM dan jugsa bisa memberikan kontribusi bagi UKM dalam pembuatan sistem informasi manajemen yang baik sesuai dengan kondisi UKM.

    Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Riset IBI Darmajaya, Envermy Vem, M.Sc., mengatakan penelitian merupakan roh dari satu perguruan tinggi disamping pengajaran. Karena itu IBI Darmajaya senantiasa mendorong dosen untuk aktif melakukan penelitian.

    Saat ini, iklim riset di kalangan dosen dan mahasiswa IBI Darmajaya sudah cukup baik. Namun dengan semakin aktifnya penelitian yang dilakukan, diharapkan akan semakin meningkatkan mutu penelitian di IBI Darmajaya." ucap Vem.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kembangkan UKM, Dosen Darmajaya Gagas Sistem Informasi Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top