728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Thursday, June 5, 2014

    Dukungan Partai Demokrat Diyakini akan Dongkrak Perolehan Suara Prabowo-Hatta

    Prabowo dan Hatta Rajasa
    Dewi Ria Angela/Teraslampung.com

    JAKARTA - Dukungan Partai Demokrat kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden  Prabowo Subianto - Hatta Rajasa diyakini akan menambah suara bagi duet pasangan Capres-Cawapres bernomor urut 1 tersebut pada Pemilu Presiden 9 Juli 2014 mendatang.

    Menurut Kepala Riset Indonesia Research Centre (IRC), Yunita Mandolang hitungan di atas kertas  bergabungnya tokoh penting dari Partai Demokrat itu pasti dapat mengungguli pasangan Joko Widodo - Jusuf Kalla.

    "Karena dengan demikian duet Prabowo-Hatta sudah mengantongi suara Parpol sebesar 59,12 persen, dari sebelumnya yang hanya sebesar 48,93 persen. Poros Jokowi-JK untuk saat ini tetap sebesar 40,88 persen," kata Yunita ke wartawan di Jakarta, Kamis (5/6) siang.

    Yunika mengatakan dengan menghitung elektabilitas para Capres pada masing-masing partai koalisi yang masuk ke dalam kubu Prabowo-Hatta, maka didapatkan hasil bahwa Prabowo-Hatta unggul dengan 47,9 persen, dan Jokowi-JK sebesar 42,7 persen.

    Perhitungan itu, kata Yunita, diperoleh dengan cara menggabungkan elektabilitas para Capres yang diusung oleh masing-masing partai dalam koalisi, sebelum bergabung dengan kubu duet Prabowo-Hatta, bukannya terhadap perolehan suara setiap partai.

    "Misalnya, menggabungkan elektabilitas Mahfud MD, Gita Wirjawan, dan Capres-Capres lainnya yang pernah diusung. Demikian juga dengan kategori koalisi di kubu Jokowi-JK, yang menggabungkan elektablitas Surya Paloh dan Capres dari anggota partai koalisi lain," katanya.

    Yunita menambahkan, perolehan suara Prabowo sendiri sebelum koalisi terbentuk, unggul 10 persen dibanding Jokowi. Karena, dukungan pada Jokowi sudah jauh-jauh hari mencapai angka maksimal, berkat popularitasnya yang merambah ke lintas partai dan akan sulit meningkat lagi.

    "Hal ini hampir menjadikan sumbangan dukungan dari partai-partai koalisi PDIP menjadi tidak begitu berarti. Sebaliknya bagi Prabowo-Hatta, tren dukungannya semakain meningkat, apalagi setelah adanya dukungan dari Partai Demokrat seperti saat ini," kata dia.

    Yunita mengaku, metode Survey IRC ini dilakukan dengan mewawancarai 4108 pemilih di 2100 TPS di Indonesia, dengan distribusi 50 persen laki-laki, 50 persen perempuan. Lalu 50 persen berumur dibawah 35 tahun, dan 50 persennya lagi berusia diatas 36 tahun.

    Sebelumnya, Partai Demokrat secara resmi akan mendukung pasangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa di dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Demokrat memerintahkan seluruh kader bekerja memenangkan Prabowo-Hatta.

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dukungan Partai Demokrat Diyakini akan Dongkrak Perolehan Suara Prabowo-Hatta Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top