728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Friday, June 13, 2014

    Ada Simulasi CAT du Job Fair CPNS Senayan City

    JAKARTA, Teraslampung.com – Sebanyak 465 instansi pemerintah akan merekrut Aparatur Sipil Negara (ASN), yang terdiri dari CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Adapun formasi ASN tahun 2014 ini sebanyak 100 ribu, terdiri dari 60.000 formasi CPNS dan 40.000 untuk PPPK.

    Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengatakan, seleksi CPNS 2014 direncanakan 100% menggunakan Computer Assisted Test (CAT).  “Kami akan melakukan simulasi CAT dalam job fair di Hall Senayan City Jakarta, tanggal 18 – 19 Juni mendatang. Simulasi CAT juga akan digelar dalam job fair di Gedung Wanita Bogor tanggal 24-25 Juni 2014,” ujarnya dalam jumpa pers di Media Center Kementerian PANRB Jakarta, Jumat (13/06).

    Herman menambahkan, simulasi itu dilakukan agar para pelamar pegawai ASN lebih familier dengan metode baru tes CPNS, sehingga mereka bisa konsentrasi belajar materi tes. Tes CPNS terdiri dari tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Untuk TKD, seluruhnya akan menggunakan CAT, dengan materi wawasan kebangsaan, karakteristik pribadi, dan intelegensia umum.

    Untuk lebih memudahkan masyarakat, Kementerian PANRB berencana memasukkan CAT ke dalam website. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa diakses, sehingga masyarakat  dapat menggunakannya dari mana saja dan kapan saja,” imbuh Herman.

    Penggunaan metode CAT ini sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, dengan aplikasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Untuk menjangkau seluruh wilayah di tanah air, CAT tahun ini juga akan menggunakan fasilitas dari uji Kompetensi Guru (UKG) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tersedia di seluruh provinsi. CAT juuga bisa menggunakan fasilitas yang dimiliki instansi secara mandiri. “Jadi semua provinsi semestinya sudah bisa menggunakan CAT,” tambahnya.

    Kabid Penyiapan Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB Supardiyana menambahkan, berbeda dengan tahun lalu, kali ini ada 17 perguruan tinggi negeri ikut serta dalam penyusunan soal TKD, yang kemudian akan diintegrasikan.  Dengan demikian, jumlah soalnya menjadi semakin banyak variasinya.

    Salah satu yang menarik dalam tes CPNS tahun 2014 ini, seorang pelamar bisa mendaftar lebih dari satu pilihan. “Satu orang dapat melamar tiga jabatan yang memiliki kualifikasi yang sama, dalam satu instansi,” jelas Supardiyana. Kalau tahun lalu, pelamar bisa mendaftar di berbagai instansi, kali ini cukup mendaftar di satu instansi, tetapi pilihannya dapat di beberapa instansi. Yang penting kualifikasinya sama, pelamar dapat memilih tiga instansi, dan tesnya cukup sekali. (RL)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ada Simulasi CAT du Job Fair CPNS Senayan City Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top