728x90 AdSpace

  • Berita Terkini

    Thursday, June 12, 2014

    Piala Dunia: Tekuk Kroasia 3-1, Awal Bagus bagi Brasil

    Neymar meluapkan kegembiraan setelah mencetak gol. (dok FIFA).
    SAO PAOLO, Teraslampung.com – Tim Brasil   mengawali laga perdana Piala Dunia dengan kemenangan 3-1 atas Kroasia. Bertanding di Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo, Jumat (13/6/2014) dini hari Waktu Indonesia Barat, Brasil sejak awal sudah menggedor pertahanan Kroasia. Namun, ‘sial’ justru menimpanya, yakni dengan terjadinya gol bunuh diri Marcelo pada menit 11.

    Gol itu terjadi umpan silang pemain Kroasia di depan gawang Julio Cesar menyentuh kakinya dan berbelok masuk ke gawang Brasil. Tertinggal 0-1 membuat para pemain Brasil makin bersemangat. Beberapa kali akselerasi individu para pemain Brasil sempat merepotkan punggawa Kroasia.

     Selecao sukses membalikkan kedudukan melalui dua gol Neymar dan gol menit akhir yang dicetak Oscar.
    Hasil ini membuat skuat asuhan Luiz Felipe Scolari berada pada posisi puncak klasemen sementara grup A di atas Meksiko, Kamerun, dan tentu saja Kroasia

    Terus Mengurung.

    Sejak menit-menit awal Brasil  langsung mengambil inisiatif untuk mengendalikan permainan sejak awal laga, namun Kroasia justru yang tampak lebih berbahaya dengan serangan-serangan balik cepat yang dimotori oleh Luka Modric dan Ivan Rakitic. Namun, meski permainan dikuasai tim samba, tetapi beberapa kali serangan Kroasia terbilang cukup berbahaya.

    Peluang Kroasia pertama didapat melalui tandukan  kepala Ivica Olic,setelah memanfaatkan umpan Perisic pada menit ketujuh. Namun, bola masih melenceng tipis dari sasaran. Namun, empat menit berselang, Kroasia akhirnya berhasil memecah kebuntuan melalui gol bunuh diri Marcelo yang salah mengantisipasi umpan silang mendatar Olic.

    Gol bunuh diri Marcelo pada menit ke-11. (dok Reuters)
    Saat kedudukan 0-1, Brasil semakin agresif melakukan serangan. Sebaliknya, Kroasia makin keras. eluang terbaik pertama didapatkan oleh Paulinho yang menusuk ke kotak penalti pada menit ke-21, tetapi tembakannya masih terlalu mengarah ke kiper Pletikosa. Dua menit berselang, Pletikosa kembali dipaksa jatuh bangun menyelamatkan gawangnya, kali ini ia mementahkan tembakan jarak jauh Oscar.

    Neymar menjadi pembuka kemenangan ketika pada pada menit ke-29 berhasil  menyarangkan bola ke gawang  Pletikosa. Gerakan zigzag Neymar dan sontekan  mendatar dari luar kotak penalti  berhasil membuat bola mulus masuk ke gawang Kroasia. Skor 1-1 tidak mengendorkan semangat para pemain Brasil.

    Para pemain Brasil terus  bermain ngotot dengan umpan-umpan yang terukur. Akselerasi individu para pemain Brasil beberapa kali mengancam gawang  Kroasia. Namun, pasukan lawan asuhan pelatih Niko Kovac mampu memberi perlawanan berarti dan beberapa kali merepotkan Brasil.

    Keberuntungan  rupanya masih berpihak pada tuan rumah. Pada menit ke-70, saat Fred berada di dekat gawang  dan dalam posisi menggiring bola, badannya ditahan tangan Lovren hingga Fred terjatuh. Wasit  Yuichi Nishimura pun langsung meniup peluit dan berlari sambil menunjuk titik penalti tanda pemberian hukuman untuk Kroasia. Tendangan penalti tidak disia-siakan Neymet, 2-1.

    Kroasia nyaris langsung membalas setelah Perisic mendapatkan ruang untuk mengirim umpan silang kepada Jelavic,  tetapi bek Brasil, David Luiz mampu, menghalau bola.. Bek timnas Brasil itu kemudian hampir memperlebar keunggulan timnya ketika menerima umpan lambung Oscar dalam posisi beba. Sayangnya, sundulan kepalanya dari jarak dekat melambung di atas mistar gawang Kroasia.

    Pada sepuluh menit terakhir, Krosai makin mempercepat tempo permainan.  Para pemain Kroasia berusaha mengendalikan jalannya permainan, dengan memanfaatkan stamina para pemain Brasil yang mulai mengendor. Peluang menyamakan kedudukan datang pada ke-83,  ketika Olic berusaha menyarangkan bola ke gawang Brasil. Sayangnya, Olic  justru dianggap wasit lebih dulu melakukan pelanggaran erhadap kiper Julio Cesar.

    Beberapa kali Brasil berusaha menekan Kroasia hingga separuh lapangan dikuasasinya. Namun,  para  pemain Kroasasi tetap bisa keluar dari tekanan. Brasil menutup permainan dengan manis ketika  pada menit 90+1 Oscar berhasil melepaskan tendangan datar dan mengarah tepat ke pojok kanan bawah gawang Kroasia. (Rama Pandu/R. Usman)

    Susunan Pemain

    Brasil: Julio Cesar; Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo, Paulinho, Gustavo, Hulk, Oscar, Neymar, Fred.

    Cadangan: Victor, Jefferson, Maxwell, Henrique, Maicon, Dante, Ramires, Hernanes, Fernandinho, Willian, Bernard, Jo.

    Kroasia: Pletikosa, Srna, Corluka, Lovren, Vrsaijko, Brozovic, Olic, Modric, Rakitic, Perisic, Jelavic
    cadangan: Zelenika, Subasic, Schilddenfeld, Vida, Pranjic, Vukojevic, Brozovic, Sammir, Badelj, Da Silva, Rebic, Mandzukic.

    Statistik pertandingan Brasil vs Kroasia

    Attempts (on target): 14 (9) - 10 (4)
    Tendangan sudut: 5 - 4
    Pelanggaran: 5 - 21
    Kartu kuning: 2 - 2
    Ball poss: 59 - 41


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Piala Dunia: Tekuk Kroasia 3-1, Awal Bagus bagi Brasil Rating: 5 Reviewed By: r3nc0n9
    Scroll to Top